Dokumentasi Aktivitas UKM PP

Minggu, 24 Agustus 2008

Sekilas Tentang LKMM Tingkat Menengah

Latihan Ketrampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM)

Latar Belakang
Pengembangan kemahasiswaan adalah suatu pendidikan yang dilakukan dengan penuh kesadaran, berencana, teratur, terarah dan bertanggungjawab untuk mengembangkan sikap, kepribadian, pengetahuan dan ketrampilan mahasiswa dalam mendukung kegiatan kurikuler untuk mencapai tujuan pendidikan Nasional. Dalam rangka mewujudkan prinsip-prinsip yang dikemukakan dalam Polbangmawa tersebut diatas, dirasakan makin perlunya memberikan kepada mahasiswa ketrampilan dibidang manajemen dan berorganisasi. Dengan ketrampilan tersebut diharapkan mahasiswa tidak hanya menjadi pemimpin yang berwibawa, tetapi juga mempunyai kemampuan teknis yang menjadi tuntutan di masa mendatang.

Tujuan
1. Untuk memberikan ketrampilan manajemen yang sepadan dengan tingkat dan tanggungjawabnya pada masing-masing mahasiswa.
2. Membekali mahasiswa untuk memiliki rasa tanggungjawab, sikap mandiri dan sifat-sifat kewiraswastaan karena kemampuan pribadi untuk berorganisasi

Hasil yang diharapkan
1. Mahasiswa mempunyai wawasan tentang kondisi lingkungan yang ikut mempengaruhi eksistensi dari lembaga yang dipimpinnya.
2. Mampu berdiskusi / bertukar pikiran dengan sikap ilmiah serta dapat mengaktualisasikannya.
3. Mampu menganalisa kekuatan dan kelemahan lembaga/organisasi yang dipimpinnya, serta mampu mengantisipasi berbagai hambatan maupun peluang yang ada dalam usaha merealisasikan program kerja yang telah disusun.

Bentuk Kegiatan Latihan Ketrampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM)
Tingkat Menengah
Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah:
a. Ceramah dan Diskusi
b. kegiatan sikap & ketrampilan dilapangan

Penyelenggara
Unit Kegiatan Mahasiswa Pendidikan dan Penalaran Politeknik Negeri Malang

Peserta
diutamakan pengurus HMJ & UKM yang telah duduk pada semester III keatas.

Tidak ada komentar: