Dokumentasi Aktivitas UKM PP

Rabu, 21 Januari 2009

LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN KETUA UMUM PERIODE 2008 – 2009

Satu Tahun Menata Diri Menyongsong UKM PP Sebagai Public Educator, Inkubator Dunia Kerja dan Lembaga Penelitian Ilmiah

Oleh:
Ginanjar Wira Nugraha
Ketua Umum UKM PP Periode 2008 – 2009
Jurusan Teknik Elektro Program Studi Teknik Elektronika; NIM. 0631110057
+6285646430010 ; gin_wira@yahoo.com ; profiles.friendster.com\ginanjarwira ; www.ukmpp.co.nr
Sekretariat: Jl. Soekarno Hatta No. 9 PO BOX 04 Malang 65141 ; Telp. (0341) 404424 – 404425 ext 2416

Download PDF (227kb): klik menubar download disamping ==>

Abstrak
Usaha revitalisasi (perbaikan) dan pengembangan organisasi Unit Kegiatan Mahasiswa Pendidikan dan Penalaran, khususnya pada periode 2008 – 2009 ini, telah banyak memberikan kontribusi berarti bagi kemajuan dunia pendidikan, khususnya pendidikan di Politeknik Negeri Malang. Sebagai suatu organisasi dibawah naungan kemahasiswaan dan Badan Eksekutif Mahasiswa Politeknik Negeri Malang, UKM PP dalam periode 2008-2009 ini semakin mampu untuk menjadi suatu organisasi kemahasiswaan yang kompeten dan berkualitas dalam rangka usaha mencerdaskan kehidupan bangsa, khususnya civitas akademika Politeknik Negeri Malang. Dibutuhkan usaha dan perbaikan yang lebih baik, untuk semakin meningkatkan kiprah mahasiswa Politeknik Negeri Malang dalam berprestasi di bidang pendidikan dan penalaran.

Kata Kunci: Public Educator, Inkubator Dunia Kerja, Penelitian dan Pengembangan, Aplikasi Teknologi dan Bahasa, Manajemen Sumber Daya Manusia, Pengabdian Masyarakat


I. Pendahuluan
Kepengurusan UKM PP pada periode 2008 – 2009 yang dimulai pada tanggal 10 Januari 2008 dan berakhir pada tanggal 17 Januari 2009 ini telah memberikan kontribusi yang berguna sebagai grassroots design (desain akar rumput) bagi organisasi yang baru berusia 8 tahun ini.
Sebagai satu-satunya organisasi kemahasiswaan dengan berstatus UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang bergerak di bidang pendidikan dan penalaran, UKM PP memiliki peran sebagai motor penggerak usaha-usaha peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi di Polinema.
Komitmen kami untuk berbenah dan memberikan transformasi baru bagi UKM PP sebagai media pendidikan publik dan inkubator dunia kerja, kini telah terwujud dengan dicapainya beberapa terobosan-terobosan baru dan inovasi dalam beberapa aspek usaha kegiatan kami.
Harapan kami demi tercapainya UKM PP sebagai suatu organisasi yang produktif serta mampu menghasilkan karya-karya terbaik anak bangsa yang mampu bersaing di dunia kerja dengan semakin ketatnya arus perkembangan globalisasi kedepan.

I.1. Fungsi dan Peran UKM PP
UKM PP didirikan pada tanggal 21 Mei 2000, berasal dari Bidang 1 – Pendidikan dan Penalaran Senat Mahasiswa Politeknik Universitas Brawijaya Malang, yang kemudian beralih nama menjadi UKM Pendidikan dan Penalaran Politeknik Negeri Malang sejak 22 November 2004.
Berdasarkan ketentuan dalam Statuta Polinema (Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 29 Tahun 2006), telah ditentukan jenis kegiatan ektrakurikuler di Polinema yang terdiri atas 4 bidang yaitu:
1. Bidang Pendidikan dan Penalaran
2. Bidang Minat dan Bakat
3. Bidang Kesejahteraan
4. Pengembangan dan Hubungan Alumni
Sebagai perbandingan, jumlah organisasi kemahasiswaan UKM yang bergerak di masing-masing bidang ekstrakurikuler di Polinema hingga saat ini adalah sebagai berikut;
untuk bidang Minat dan Bakat telah dikembangkan oleh organisasi diantaranya: BKM, Ganendra Giri, Seni Theateristik, Rispol, KMK, Talitakum, Menwa, dan Kompen. Sedangkan untuk jenis kegiatan yang berkonsentrasi kepada kesejahteraan mahasiswa, telah dikembangkan oleh organisasi USMA. Khususnya untuk jenis kegiatan yang berkonsentrasi pada Pendidikan dan Penalaran, hingga saat ini hanya dikembangkan oleh UKM PP.
Sedangkan pada organisasi berstatus HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan), keempat bidang kegiatan ekstrakurikuler tersebut (Pendidikan Penalaran, Minat bakat, Kesejahteraan, Hubungan Alumni) wajib diadakan dengan konsentrasi ke masing-masing jurusan.
Berdasarkan analisis kelembagaan tersebut, dapat kami simpulkan bahwa UKM PP menempati posisi yang sangat strategis sebagai satu-satunya organisasi kemahasiswaan setingkat UKM (yang lebih bersifat ke segala jurusan / civitas akademika) yang bergerak di bidang Pendidikan dan Penalaran.
Adapun lingkup dari kegiatan yang termasuk kedalam kategori pendidikan dan penalaran adalah diantaramya: (1) Penelitian Ilmiah, (2) Pengembangan hasil teknologi dan bahasa, (3) Penyebarluasan hasil teknologi dan atau pemikiran, (4) Diskusi panel, seminar dan atau kuliah umum / workshop / pelatihan
Berdasarkan Anggaran Dasar sebagaimana tercantum pada KHPO UKM PP (Kitab Hukum Perundang-undangan Organisasi), adapun fungsi dari UKM PP adalah:
(1) Wadah pelaksana aspirasi mahasiswa di bidang pendidikan dan penalaran
(2) Wadah dan pelaksana pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
(AD Pasal 8 ayat 1 dan 2)
Berdasarkan analisa tersebut diatas, dapat kami simpulkan bahwa UKM PP memiliki spektrum kegiatan yang sangat luas, yang mencakup banyak bidang pengembangan dan penelitian dari segala jurusan di Polinema. Serta usaha-usaha pendidikan bagi mahasiswa Polinema.
I. 2. Arah Pengembangan UKM PP
Sebagai satu-satunya UKM yang bergerak di bidang pendidikan dan penalaran, pengembangan UKM PP telah kami usahakan untuk tetap pada fungsi dan tujuan organisasi sebagai wadah pelaksana pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Namunpun demikian, dalam perjalanannya kami menyadari bahwa mahasiswa Polinema, khususnya anggota UKM PP masih belum siap dalam menghadapi arah transformasi yang kami tetapkan, namun sejalan dan pasti, UKM PP akan tetap berusaha untuk menjadi pengembang IPTEK terdepan di Polinema.
Kami telah melakukan usaha-usaha persiapan transformasi tersebut yaitu diantaranya, peninjauan sub-sub kegiatan baru yang berorientasi pada penelitian dan pengembangan, yaitu diantaranya: (1) Peninjauan sub bidang robotika (konsentrasi robotika industri), (2) sub bidang niaga (konsentrasi event organizer), (3) sub bidang kimia lingkungan (konsentrasi konservasi lingkungan hidup), (4) sub bidang informatika (konsentrasi website design).
Peninjauan pengembangan hubungan kerjasama dengan LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), serta peninjauan hubungan kerjasama industri untuk kepentingan penelitian ilmiah anggota UKM PP.
Dalam usaha-usaha mewujudkan peninjauan-peninjauan tersebut, maka sebagai langkah awal, kami telah berusaha membangun jaringan kerjasama dengan pihak Alumni UKM PP dengan membentuk Ikatan Alumni UKM Pendidikan dan Penalaran (IKAPENA) yang diharapkan mampu mendukung dan memberikan bantuan kepada pihak kampus, utamanya UKM PP dalam usaha penelitian sebagaimana telah ditinjau tersebut.
Kami menyadari bahwa untuk mewujudkan tinjauan-tinjauan tersebut, dibutuhkan usaha-usaha peningkatan SDM anggota, sebagai langkah awal, pada periode ini kami lebih berkonsentrasi pada usaha pembentukan mental dan karakter intelektual anggota UKM PP.
Kami sangat berharap dikemudian hari, UKM PP mampu memiliki cetak biru strategi pengembangan organisasi sehingga mewujudkan UKM PP sebagai satu-satunya organisasi mahasiswa yang bergerak di bidang penelitian dan pengembangan IPTEK terdepan di Indonesia, dengan membawa nama Politeknik Negeri Malang.



II. Kegiatan
Pada periode 2008 – 2009 ini, kami telah menetapkan 12 (Dua Belas) program kerja yang terinci sebagai berikut:
1. Program Kerja Bidang 1 – Operasional Intern:
a. ORKAD (Orientasi dan Kaderisasi)
b. Dies Natalis ke-8 UKM PP
c. Yasinan Intern
d. Outbound Management Training (OMT)
e. Bersih Sekret
2. Program Kerja Bidang 2 – Hubungan Masyrakat:
a. Try Out Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPOL)
b. Techno Fair
3. Program Kerja Bidang 3 – Diskusi dan Pendidikan:
a. LKMM Tingkat Dasar XVII Se-Malang Raya
4. Program Kerja Bidang 4 – Aplikasi Teknologi dan Bahasa:
a. ESCP (English Short Course Program)
b. JASCEP (Japanese Short Course Program)
c. Mading Logiz
d. GRAVITY (Graphic, Website and Virtual Communication Creativity)

Dari kedua belas program kerja tersebut, terdapat dua program kerja yang tidak terlaksana, dikarenakan terbatasnya waktu serta SDM yang kami miliki. Program kerja tersebut yaitu Outbound Management Training (OMT) dan GRAVITY.
Secara runtut, sesuai jadwal pelaksanaanya, program kerja tersebut kami jabarkan sebagai berikut:

1. ESCP
Jenis program kerja: Pelatihan Bahasa
Penanggung jawab : Bidang 4
Rentang Pelaksanaan: Maret – Mei 2008
Ketua Pelaksana : Dwin Zunian Oktania
Sumber Dana : Dana Peserta

2. Dies Natalis UKM PP & Reuni Akbar
Jenis program kerja: Intern
Penanggung jawab : Bidang 1
Rentang Pelaksanaan : April – Mei 2008
Ketua Pelaksana : Ardianto Nur Achmad
Sumber Dana : Dana Sadaya, kas UKM PP

3. Try Out UMPOL 2009
Jenis program kerja : Pelatihan Akademik
Penanggung jawab : Bidang 2
Rentang pelaksanaan : Juni – Agustus 2008
Ketua pelaksana : Doni Fajar
Sumber dana : Dana Peserta

4. LKMM Tingkat Dasar XVII Se-Malang Raya
Jenis program kerja : Pelatihan Manajerial
Penanggung jawab : Bidang 3
Rentang pelaksanaan : Agustus – Novembe 2008
Ketua pelaksana : Gunawan Istiadi
Sumber dana : Dana DIPA, Dana Peserta, Sumbangan

5. JASCEP
Jenis program kerja : Pelatihan Bahasa
Penanggung jawab : Bidang 4
Rentang pelaksanaan : November – Desember 2008
Ketua pelaksana : Ernawati
Sumber dana : Dana Peserta

6. Techno Fair 2008
Jenis program kerja : Pameran Ilmiah
Penanggung jawab : Bidang 2
Rentang Pelaksanaan : Oktober – Desember 2008
Ketua Pelaksana : Rahmat Hidayat
Sumber dana : Dana DIPA, Dana Peserta, Sumbangan

7. ORKAD
Jenis program kerja : Intern
Penanggung jawab : Bidang 1
Rentang pelaksanaan : November – Desember 2008
Ketua Pelaksana : Danu Wiharjo
Sumber dana : Dana Kas UKM PP, Dana Swadaya

8. Yasinan Intern
Jenis program kerja : Kerohanian Anggota
Penanggung jawab : Bidang 1
Rentang pelaksanaan : Februari – Desember 2008
Ketua pelaksana : Zainul Muttaqin
Sumber dana : Dana Kas UKM PP

9. Mading Logiz
Jenis program kerja : Publikasi Ilmiah
Penanggung jawab : Bidang 4
Rentang pelaksanaan : Maret – Oktober 2008
Ketua pelaksana : Nur Diana Cholida
Sumber dana : Dana DIPA, Dana Kas UKM PP

10. Bersih Sekretariat
Jenis program kerja : Intern
Rentang pelaksanaan : Januari – Desember 2008
Ketua pelaksana : Uswatun Khasanah
Sumber dana : Dana Kas UKM PP

III. Evaluasi Program Kerja
Secara garis besar, kegiatan yang telah dilaksanakan di UKM PP selama periode tahun 2008 – 2009, memiliki kelebihan dan kekurangan di masing-masing sisi. Terutama jika diperhatikan secara proses kegiatan yang masih kurang melibatkan partisipasi seluruh anggota. Program kerja yang dilaksanakan masih berkesan individual dan berdiri sendiri-sendiri. Hal ini dikarenakan kurangnya sinergi antar anggota di dalam hubungan intern keorganisasian di UKM PP, sehingga memunculkan banyak egoisme program kerja di kalangan anggota.
Rekomendasi kami bagi pelaksanaan selanjutnya adalah dibutuhkan suatu metode yang tepat untuk menggalang persatuan dan kesatuan dikalangan intern organisasi, sehingga mampu mewujudkan sinergi dalam pelaksanaan program kerja yang mampu melibatkan partisipasi seluruh anggota.
Namunpun demikian, secara hasil dapat kami simpulkan bahwa program kerja yang telah dilaksanakan terbukti memiliki produktifitas yang baik bagi kelangsungan organisasi serta pendidikan anggota yang ikut terlibat secara aktif di dalam prosesnya.
Rekomendasi kami bagi pelaksanaan selanjutnya adalah dibutuhkan program-program inovasi baru yang berguna dalam usaha penelitian dan pengembangan IPTEK serta IMTAQ.
ESCP (English Short Course Program) dan JASCEP (Japanese Short Course Program) merupakan program kerja hasil inovasi baru yang mulai dilaksanakan pada tahun ini. Terbukti telah sukses membawa UKM PP sebagai Public Educator atau media pendidikan publik. Hal ini merupakan satu tolok ukur bagi kebangkitan kegiatan di bidang 4 yang selama dua tahun terakhir mengalami kelesuan. Kedua program kerja pelatihan bahasa tersebut cukup mendapatkan sambutan yang baik di kalangan mahasiswa, terbukti dengan membanjirnya jumlah peserta yang berminat mengikuti kegiatan tersebut, baik yang berasal dari intern UKM PP maupun dari non-UKM PP. Rekomendasi kami bagi pelaksanaan kedepan adalah dibutuhkan satu metode pengembangan yang serius pada kegiatan pelatihan bahasa. Diperlukan kerja sama dengan pihak lain seperti lembaga pengembangan bahasa yang berkompeten, sehingga mampu menghasilkan program kerja unggulan yang bermanfaat bagi intern maupun bagi mahasiswa Polinema.

Techno Fair 2008 merupakan satu program hasil inovasi baru, yang juga mulai dilaksanakan pada tahun ini tepatnya pada tanggal 10 – 12 Desember 2008. Meskipun dalam proses dan pelaksanaannya masih dinilai kurang berhasil, namun telah mampu menjadi suatu dobrakan baru di bidang hubungan masyarakat. Kegiatan pameran ilmiah yang bertujuan untuk mendayagunakan hasil-hasil inovasi teknologi karya mahasiswa Polinema ini, perlu dikembangkan secara lebih serius di kemudian hari. Kegiatan ini selain sebagai salah satu program Education Event Organizer (Penyelenggaraan Kegiatan Berbasis Pendidikan), juga sebagai ajang latihan anggota dalam mengenal dunia kerja. Techno Fair adalah satu program inovasi yang mampu untuk dijadikan sebagai Inkubator dunia kerja bagi anggota yang ikut aktif terlibat didalam prosesnya, dikarenakan selain melibatkan perusahaan / industri dalam pelaksanaanya, anggota juga dilatih untuk mengembangkan sikap mental profesionalitas dan intelektualitasnya dalam satu kegiatan tersebut. Kegiatan ini telah diikuti oleh 6 (enam) perusahaan profit yang bergerak di bidang penerbitan buku, teknologi, pendidikan dan wirausaha. Partisipasi dan peran serta dari tiap-tiap jurusan dalam menampilkan hasil karya mahasiswa, masih perlu untuk digairahkan lagi dengan melibatkan HMJ sebagai fasilitatornya. Dibutuhkan strategi publikasi kegiatan yang lebih baik dalam usaha menarik pengunjung sehingga kegiatan pameran ilmiah ini lebih dikenal dan diminati masyarakat luas.
Techno Fair merupakan satu kegiatan yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan sebagai salah satu program kerja unggulan yang mampu menjadi salah satu ikon dunia pendidikan dan pariwisata di Kota Malang.

Try Out UMPOL merupakan kegiatan yang telah diadakan di UKM PP sejak delapan tahun terakhir. Try Out UMPOL 2008 diselenggarakan pada tanggal 8 Agustus 2008 bertempat di gedung AG Jurusan teknik Elektro. Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 266 orang peserta. Hal-hal yang menjadi evaluasi dari kegiatan adalah sebagai berikut:
1. Kurang terlibatnya seluruh anggota dalam proses mengakibatkan keletihan kerja bagi beberapa anggota, sehingga mengakibatkan tingginya stress kerja di dalam kepanitiaan, yang mengakibatkan munculnya beberapa konflik intern.
2. Kurangnya sikap profesionalisme dan kepemimpinan anggota panitia, mengakibatkan pelaksanaan kegiatan yang berkesan kurang terarah dan maksimal.
3. Untuk pelaksanaan berikutnya kami merekomendasikan untuk melakukan beberapa kerja sama dengan lembaga bimbingan belajar, sehingga dapat meningkatkan kualitas dari pelaksanaan panitia dalam hal pengoreksian LJK, pembuatan dan pembahasan soal yang lebih kompeten.

LKMM Tingkat Dasar XVII 2008 Se-Malang Raya tahun ini diadakan pada tanggal 15-16 November 2008, bertempat di gedung Aula AM kampus II Politeknik Negeri Malang. Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 216 peserta yang berasal dari mahasiswa Politeknik Negeri Malang. Secara umum, kegiatan ini telah terlaksana dengan baik. Hal-hal yang menjadi evaluasi kegiatan adalah:
1. Kurangnya koordinasi antar panitia selama proses penyelenggaraan mengakibatkan kurangnya keterlibatan seluruh anggota
2. Dibutuhkan publikasi yang lebih baik dalam mempromosikan kegiatan kepada mahasiswa.
3. Untuk pelaksanaan berikutnya kami merekomendasikan untuk mengikutsertakan perwakilan pengurus UKM dan HMJ, sehingga kegiatan ini mampu memberikan kontribusi yang baik dalam usaha meningkatkan kualitas organisasi kemahasiswaan di Polinema.

Mading Logiz, merupakan salah satu program kerja inovasi baru yang bertujuan untuk melatih dan menggali kemampuan anggota dibidang karya tulis ilmiah. Selain itu juga bermanfaat sebagai ajang pertukaran informasi dan sarana publikasi kegiatan-kegiatan UKM PP.
Pada pelaksanaannya, kegiataan ini masih kurang diminati oleh sebagian besar anggota, hal ini disebabkan masih minimnya pengetahuan dan kemampuan anggota di bidang karya tulis ilmiah, serta minat untuk melakukan publikasi penelitian ilmiahnya.
Rekomendasi kami bagi pelaksanaan kedepan, dibutuhkan pelatihan penulisan karya ilmiah serta stimulus-stimulus bagi anggota UKM PP sehingga mampu mengadakan penelitian independent yang hasilnya dipublikasikan melalui media publikasi ilmiah Mading Logiz.

Dies Natalis UKM PP Ke-8 Tahun, merupakan salah satu momen bersejarah dalam usaha pengembangan UKM PP. Dalam rangka peringatan hari jadi UKM PP tersebut, kami bersama dengan alumni telah melakukan beberapa perubahan bagi wajah UKM PP yang kemudian menjadi salah satu Grassroots Design (Desain Akar) bagi UKM PP.
Pada tanggal 21 Mei 2008, bertempat di sekretariat UKM PP di kampus I Polinema, telah diadakan tasyakuran dan temu kangen alumni. Dilanjutkan pada tanggal 24-25 Mei 2008 bertempat di Villa Riski, Songgokerto – Batu, telah diadakan rapat luar biasa yang diikuti oleh seluruh anggota UKM PP bersama dengan perwakilan alumni. Kegiatan rapat luar biasa ini bertujuan untuk mengamandemen ART UKM PP, revisi logo resmi UKM PP serta pembentukan Ikatan Alumni UKM Pendidikan dan Penalaran (IKAPENA).
Hasil dari rapat luar biasa ini, kemudian disetujui dan disusun dalam bentuk KHPO (Kitab Hukum Perundang-undangan Organisasi) UKM PP yang menjadi dasar penyelenggaraan kegiatan di organisasi ini.

ORKAD (Orientasi dan Kaderisasi), merupakan serangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam usaha rekruitmen anggota baru serta usaha-usaha persiapan steering comitte periode kepengurusan berikutnya.
Orkad bagi calon fungsionaris (CAFUNG) dimulai sejak dibukanya Expo UKM / HMJ yang dikoordinir oleh BEM Polinema. Selanjutnya proses rekruitmen ini dilakukan oleh kepanitian yang diketuai oleh Danu Wiharjo. Mengingat pentingnya kegiatan Orkad bagi kelangsungan organisasi, maka kami telah melakukan standarisasi kegiatan Orkad untuk tahun-tahun berikutnya dengan mengeluarkan SK No.07/ SK – PJ / PH – PP / VIII / 2008, tentang Garis Besar Orientasi dan Kaderisasi Anggota.
Orkad bagi Cafung diadakan dalam dua tahap, yaitu Diklat Ruangan dan Diklat Lapangan. Sedangkan Orkad bagi Calon SC, diadakan dalam bentuk pembekalan formal dengan 13 Silabus materi Upgrading yang wajib dikuasai oleh anggota yang mendaftarkan diri sebagai calon kandidat ketua umum (CAKAKETUM). Pembekalan bagi calon SC dalam bentuk kegiatan Upgrading ini telah dilaksanakan dengan dikordinir oleh Panitia Suksesi Ketua Umum 2009-2010 yang diketuai oleh Ketua Umum yang sedang menjabat.

Yasinan Intern dan Bersih Sekret, merupakan satu kegiatan yang bertujuan untuk memupuk rasa cinta dan kebersamaan di kalangan anggota. Kegiatan ini diadakan secara rutin tiap bulan sekali. Namun pada penyelenggaraannya, kurang diminati oleh sebagian besar anggota. Hal ini menjadikan salah satu penyebab kurangnya rasa kebersamaan dan silaturahmi di kalangan intern. Rekomendasi kami bagi kepengurusan selanjutnya adalah dibutuhkan suatu upaya untuk menghidupkan kembali kegiatan-kegiatan yang bersifat intern kekeluargaan di UKM PP, sehingga tercipta suasana team work yang harmonis dan kekeluargaan.

IV. Rekomendasi Kami
Berdasarkan hasil kerja dan pengalaman yang telah kami dapatkan selama kurun waktu dua tahun berorganisasi di Unit Kegiatan Mahasiswa Pendidikan dan Penalaran, kami merekomendasikan khususnya kepada kepengurusan selanjutnya serta umumnya kepada kemahasiswaan Politeknik Negeri Malang beserta segenap jajaran BEM Polinema sebagai lembaga yang menaungi UKM PP, sebagai berikut:
1. Secara garis besar, UKM PP pada periode 2008-2009 telah mengalami kemajuan yang cukup pesat dari segi kualias keanggotaan serta program kerjanya.
2. Dibutuhkan usaha yang lebih baik lagi dalam rangka mewujudkan UKM PP sebagai lembaga kemahasiswaan yang mampu berprestasi di bidang penelitian dan pengembangan ilmiah dengan mengacu pada tinjauan-tinjauan kami sebelumnya, yaitu tinjauan pendirian sub bidang baru yang dinaungi oleh bidang V - LITBANG (Penelitian dan Pengembangan) yang terdiri atas sub-sub bidang:
• Sub Bidang Robotika (Konsentrasi Robotika Industri)
• Sub Bidang Niaga (Konsentrasi Event Organizer)
• Sub Bidang Kimia Lingkungan (Konsentrasi Konservasi Lingkungan Hidup)
• Sub Bidang Informatika (Konsentrasi website design)
Dengan adanya penambahan bidang V dalam keorganisasian di UKM PP yang berkonsentrasi pada kegiatan Penelitian dan Pengembangan, akan menjadi suatu dobrakan baru bagi kiprah UKM PP sebagai satu lembaga kemahasiswaan yang berfungsi sebagai wadah pelaksana pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sebagaimana telah menjadi fungsi utama dari UKM PP yang telah tercantum dalam Anggaran dasar dan Anggaran Rumah Tangga UKM PP.
3. Dibutuhkan suatu usaha untuk menjalin kerjasama dengan pihak-pihak civitas akademika seperti dosen, pakar ilmiah, maupun lembaga ilmiah (LIPI) dalam rangka mendukung usaha transformasi UKM PP sebagai wadah Pendidikan Publik, Inkobator Dunia Kerja serta Lembaga penelitian dan pengembangan IPTEK.

V. Daftar Pustaka
 UKM PP POLINEMA, Kitab Hukum Perundang-undangan Organisasi UKM Pendidikan dan Penalaran (KHPO UKM PP), Politeknik Negeri Malang: Agustus 2008
 Direktorat Jendral Pendidkan Tinggi, Kompilasi Bahan Rembug Nasional, Depok Sawangan, Februari 2008
 Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia, No 29 Tahun 2006 Tentang Statuta Politeknik Negeri Malang
 Stephen Power Robin, Organization Behavior
 Prof. Jamaludin Ancok, Ph. D, Outbound Management Training, Jakarta: UI Press
 Andrew. J. Dubrin, The complete ideal guide leadership,

“Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap”
(QS 94:5,8)

Tidak ada komentar: